PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

KUMPENI: PENJAJAHAN ATAS NAMA INVESTASI

Share:

 

© Doni Riw



Kakek moyang kita meyebut zaman penjajahan dengan istilah Zaman Kumpeni. Kumpeni berasal dari kata Compagnie yang berarti perusahaan.


Apa yang mereka maksud adalah perusahaan Belanda bernama Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau yang lebih dikenal dengan singkatan VOC.


VOC dalam bahasa Indonesia berarti Persatuan Perusahaan Hindia Timur. Ini adalah perusahaan multinasional pertama di dunia. Perusahaan Belanda inilah yang diberi konsesi serta monopoli untuk mengeruk kekayaan Nusantara sejak 1602-1800.


Di mata Belanda, apa yang mereka lakukan adalah bisnis dan investasi, bukan penjajahan. Tetapi realitasnya adalah mengeruk kekayaan Nusantara, mengambil tanah warga, dan lain sebagainya.


Para Kumpeni, orang asing penjajah itu, menjajah Nusantara dengan bantuan penduduk lokal yang menjadi pejabat seperti wedono, bupati, serta para centheng yang bekerja sebagai tentara bayaran. Mereka sering dipanggil Londo Ireng.


Jaman bisa bergerak pelaku boleh berganti. Namun pola penjajahan masih sama. Bekedok investasi, dilindungi pribumi.


Jogja 140923

t.me/doniriw_channel

No comments

Featured Post

Memanusiakan Manusia

Di Mekkah, ada ajaran kemanusiaan yang hebat. Persamaan dan kesetaraan sebagai manusia benar-benar nyata terlihat.  Ketika warna kulit, jeni...