PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

SEKOLAH KEHIDUPAN

Share:


WeekEnd sekarang, adik bungsu yang bernama Marwantoni sudah mulai menikmati hari-hari tenang disekolahnya. Karena ujian nasional sudah ia lewati pekan lali, dimana ia tinggal menunggu nilainya keluar.

Ujian diberikan untuk mengevaluasi proses pembelajaran selama disekolah, apakah mereka memahami dan menyerap pelajaran yang telah diberikan oleh guru.

Sehingga prosesnya diawali dengan pembelajaran, kemudian diadakan ujian.

Saat mereka menyelesaikan dunia pendidikan dan terjun dalam kehidupan yang sebenarnya maka barulah dimulai sekolah yang baru yang disebut dengan "sekolah kehidupan". Sesuai dengan namanya sekolah ini lengkap dengan pelajaran dan ujian pada umumnya.

Namun disekolah kehidupan ini, proses berbeda dimana prosesnya diawali dengan ujian, baru kemudian kita mengambil pelajaran/ hikmah.

Sebab ada beberapa pelajaran dalam hidup ini yang harus dijalani melalui proses ujian, supaya kita memaknai arti hidup.


Seorang ulama dari Kufah bernama Al-Imam Abdul Malik bin Abjar berkata,

ما من الناس الا مبتلى بعافية لينظر كيف شكره او مبتلى قبلية لينظر كيف صبره

"Setiap manusia pasti diuji. Terkadang ujian berupa sakit, agar ia belajar bersyukur. Terkadang ujian berupa musibah, agar ia belajar bersabar."

Adakalanya untuk memahami arti kesabaran, kepasrahan, ketenangan hati, prasangka baik kepada Allah, dan sebagainya. Hanya melalui ujian supaya kita mampu mengambil hikmahnya.

Sungguh merugi tatkala saat musibah/ ujian menghampiri, kita tidak mengambil pelajaran atas peristiwa tersebut.

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...