PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

JANGAN TERBUAI DENGAN KEKUASAAN

Share:
“Barangsiapa yang tinggal di pedalaman maka wataknya akan keras, barangsiapa yang sibuk dengan perburuan maka dia akan lalai (dari banyak ibadah) dan barangsiapa yang mendatangi pintu-pintu penguasa maka dia akan terkena fitnah”. (HR Tirmidzi dan beliau berkata hadits hasan gharib)

Rasulullah SAW bersabda di atas diamini oleh sahabat Hudzaifah bin Yaman, ia pun berkata, “Hindarilah oleh kalian pintu-pintu fitnah”. Saat itu ada yang bertanya, “Apakah pintu-pintu fitnah tersebut?” Beliau menjawab, “Yaitu pintu-pintu penguasa”. Salah seorang dari kalian mendatangi Penguasa kemudian membenarkan Kedustaannya dan berkata tentang hal-hal yang tidak ada pada diri Penguasa tersebut.” (Lihat: Al Adab Asy Syariyyah 3/459)

Nabi SAW bersabda dan atsar Hudzaifah bin Yaman tersebut menjelaskan kepada kita akan kehati-hatian dalam mendekati Pintu-pintu penguasa. Terlebih jika penguasa yang didekati adalah penguasa Zalim. Tentunya berbeda penyikapan antara penguasa Zalim dan penguasa Adil. Penguasa adil berhak mendapatkan pertolongan dan bantuan, sebagaimana yang dilakukan Urwah bin Zubair kepada Umar bin Abdul Azis. Sementara terhadap penguasa zalim para salaf menjauh dari pintu-pintu mereka karena takut tertimpa fitnah.

Imam Bukhari merupakan ulama yang betul-betul berusaha menjauhkan diri dari pintu penguasa apalagi duduk-duduk bersama mereka. Imam Bukhari menghindari untuk memuji para penguasa yang dalam menjalankan pemerintahannya tidak memperhatikan yang hak dan yang batil. Beliau berkeyakinan bahwa seseorang akan sulit menjaga keistiqamahan dalam beragama jika mereka dekat-dekat dengan para penguasa. Berapa banyak orang-orang shalih yang tergelincir karena berdekat-dekat dengan para penguasa.

maka diakhir zaman kita harus mendekati para ulama tapi ulama yang bagaimana?

"Carilah ulama yang paling dibenci oleh orang-orang kafir dan orang munafik, dan jadikanlah ia sebagai ulama yang membimbing mu, dan jauhilah ulama yang dekat dengan orang kafir dan munafik karena ia akan menyesatkan mu, menjauhi dari keridhoan Allah"
(H.R Imam Syafe'i)

Jadi kita bisa Paham Ulama yg mana yg harus kita Hormati dan kita Bela...☺🙏

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...