PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

BOHONG PANGKAL KEJAHATAN

Share:

 Ada seorang pemuda kafir ingin masuk Islam. Ia lalu datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu berkata : 

"Saya mau masuk Islam, asalkan saya tetap boleh berjudi, minum minuman keras, berkelahi, membunuh, berzina, mencuri, merampok. Pokoknya saya gemar dengan segala perbuatan jahat. Jadi, saya mau masuk Islam, asalkan tidak dilarang berbuat jahat". 


Nabi berkata, "Tidak apa, cuma satu syaratnya".


Dijawab oleh orang kafir itu, apa itu ya Nabi??


Nabi SAW bersabda :

"Jangan BERBOHONG".


Pemuda itu berpikir, gampang sekali syaratnya masuk Islam, kalau cuma itu..... "Baiklah saya bersedia," jawab pemuda kafir itu.


Masuklah dia dalam Islam dengan membaca dua kalimat syahadat.


Suatu hari dia berniat mencuri, tapi pemuda itu berpikir, bagaimana kalau Nabi bertanya, apakah kau mencuri hari ini?

Kalau saya jawab tidak, berarti saya berbohong, tetapi kalau saya jawab iya, maka saya akan di hukum potong tangan. Akhirnya ia tidak jadi mencuri.


Hari berikutnya, dia bermaksud untuk berzina atau memperkosa, tetapi dia berpikir, kalau saya ditanya nabi, apakah kau berzina hari ini? Kalau saya jawab tidak, berarti saya berbohong, tetapi klau saya jawab iya, maka saya dhukum cambuk, akhirnya tidak jadi lagi.


Hari berikutnya, dia ingin merampok dan membunuh saudagar kaya, tetapi kemudian dia berpikir lagi, kalau saya bunuh, kemudian nabi tanya, apakah kamu membunuh hari ini? Kalau saya jawab tidak, berarti saya berbohong, tetapi klau saya jawab iya, maka saya akan dihukum pancung. Akhirnya dia tidak jadi lagi melakukan perbuatan jahat. 


Lama kelamaan pemuda tersebut tidak pernah lagi berbuat jahat setelah masuk Islam.


Dari kisah ini dapat disimpulkan bahwa berbohonglah yang menyebabkan kejahatan terjadi.


Maka jadilah orang yang jujur jika tidak ingin menjadi orang yang jahat.


Ustadz Satria Hadi Lubis

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...