PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

SOK BENER LOE..

Share:

 Si paling .... 


Ada lagi bahasa baru yang banyak digunakan orang zaman now. Yaitu ucapan "si paling ... ". Sayangnya ucapan ini biasanya diucapkan ketika menolak nasehat yang baik. 


Ketika dinasehati untuk bertakwa, dia jawab: "si paling takwa!".

Ketika dinasehati untuk shalat subuh, dia jawab: "si paling shalat subuh!".

Ketika dinasehati untuk menuntut ilmu, dia jawab: "si paling menuntut ilmu!".


Sadarkah ini semisal dengan perkataan "sok suci loe...", "sok bener loe..."? Dan ini semisal dengan perkataan kaumnya Nabi Nuh 'alaihissalam zaman dahulu, ketika ngeyel dan enggan menerima nasehat. 


وَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِ إِلَّا أَن قَالُوا أَخْرِجُوهُم مِّن قَرْيَتِكُمْ ۖ إِنَّهُمْ أُنَاسٌ يَتَطَهَّرُونَ


"Dan tidaklah kaumnya Nabi Nuh menjawab nasehat Nabi Nuh kecuali dengan perkataan: "Usir saja Nuh dan pengikutnya! Mereka adalah orang-orang yang SOK SUCI"" (QS. Al A'raf: 82).


As Sa'di menjelaskan:


أي: يتنزهون عن فعل الفاحشة


"Maksudnya mereka (Nuh dan kaumnya) diklaim sebagai orang-orang yang merasa bersih dari perbuatan dosa".


Oleh karena itu, tidak layak mengucapkan "si paling ..." dalam rangka menolak nasehat. Nasehat yang benar itu pahit-manis tetap wajib kita terima, jangan ditolak. Menerima nasehat adalah sifat orang beriman. Allah Ta’ala berfirman:


وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَىٰ تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ


“Berilah peringatan! Sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Adz Dzariyat: 55).


Enggan menerima nasehat dan ‘ngeyel’ untuk berjalan di atas kesalahan adalah tabiat kaum musyrikin. Allah Ta’ala berfirman:


وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا ۗ أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلَا يَهْتَدُونَ


‘Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah,” mereka menjawab: “(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami”. “(Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?‘ (QS. Al Baqarah: 170).


Tapi kalau bukan untuk menolak nasehat, boleh-boleh saja. Contohnya, "Si Sufyan adalah si paling pemalu di antara saudara-saudaranya".


Wallahu a'lam. 


Sumber telegram @fawaid_kangaswad

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...