PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

ALWAYS POSITIF THINKING

Share:
Ibarat  pepatah “rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri” artinya apa yang dimiliki oleh orang lain, biasanya akan terlihat lebih indah dari apa yang kita miliki

Sebenarnya setiap hal dapat kita pandang dengan 2 cara berbeda, positif atau negatif. Jika kita memilih posisi positif maka secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa motivasi apa yang telah dicapai orang lain.

Namun sebaliknya jika memandang dari sisi negatif maka yang terjadi aralah timbulnya penyakit hati, diantaranya rasa iri dan dengki.

Seyogyanya sebagai muslim kita telah memiliki pedoman hidup, Al-Quran dan Hadist, maka jika kita hidup dalam tuntunan keduanya sudah pasti kita akan merasakan ketenangan dalam hidup.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh hasad (ghibtoh) kecuali pada dua orang, yaitu orang yang diberikan oleh Allah harta, lalu ia membelanjakannya dalam kebenaran dan orang yang diberikan Allah hikmah (ilmu), lalu ia menerapkannya dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhori)

Sudah jelaskan dari sabda nabi diatas, bagaimana kita menyikapinya. Kita tidak boleh iri sama orang selain daripada 2 hal diatas:

1. Jika ada seseorang yang dilebihkan hartanya oleh Allah, lalu ia menginfakkannya pada jalan kebaikan. Menurut saya, iri dalam hal ini adalah baik karena kita akan termotivasi oleh perbuatan orang itu, selama kita tidak riya dilihat orang dan tidak pula menyakiti orang lain
2. Jika seseorang diberi ilmu lalu dengan hikmahnya itu ia mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari juga mengajarkannya pada orang lain. Semakin tinggi ilmunya, semakin ia tidak menyombongkan diri, tidak merendahkan orang lain karena ia makin menyadari akan kemahatinggian ilmu Allah dan ia juga sadar saat belajar ilmu-ilmu baru bahwa ternyata banyak yang belum ia ketahui. Jadi, jangan pelit untuk berbagi ilmu.
.
Dari 2 hal diatas mari kita sama-sama memperbaiki amalan kita, jangan sampai rasa iri dan dengki membuat amalan yang kita perbuat jadi sia-sia, terus perbaiki niat dan berusaha untuk tidak memiliki rasa iri pada orang lain selain dalam hal beribadah kepada Allah

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...