PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

ATM DAN PIN

Share:

Seperti biasa selepas pulang kerja kami sekeluarga melepas lelah sambil berdiskusi mengenai kegiatan dan rutinitas seharian. Sang bidadari ku hari ini menceritakan mengenai sahabatnya pengajian yang terjadi tadi siang.

"Kak, tadi siang teman Adik ada yang kehilangan dompet beserta isinya (ATM)  dan ia sangat kwatir sekali kalo uang yang di tabungan diambil orang."

"Jangan kwatir dik, meskipun ada orang yang menemukan, pasti uang nya InsyaAlloh tetap aman. Karena untuk mengambil uang di ATM perlu pin."

"Problemnya, dia adalah seorang pelupa, jadi didalam dompetnya terdapat catatan pin untuk masing-masing ATM nya"

Yaaaa! Kalo itu dah pasrah deh. Meskipun teman sudah berusaha untuk menelepon masing-masing bank agar kartu tersebut diblokir. Semoga pemblokiran kartunya lebih dahulu sebelum kartu ATM dan dompet ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah mendengar ceritanya, jika di runut dengan rezeki manusia hampir terdapat persamaan.

Rezeki manusia pada hakekatnya sudah Allah siapkan, karena Allah Maha menjamin rezeki dari tiap makhluk yang diciptakan. Sebagaimana dijanjikan dalam Surat Hud ayat 6,

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak ada satupun makhluk yang berjalan di muka bumi melainkan Allah-lah yang menjamin rezekinya.”

Setiap makhluk yang tercipta dialam dunia sebenarnya telah Allah siapkan rezekinya. Namun untuk menjemput/memgambilnya diperlukan sebuah kunci(pin). Sehingga mengapa ada orang yang berlimpah rezeki nya dan ada yang berkecukupan. Bukan tidak ada rezekinya melainkan tidak tahu pinnya.

Lantas apakah pin untuk mendapatkan rezeki Allah? Pin itu tidak lain adalah ilmu.
Bukankah Al-Imam Asy-Syafi'i sudah memberi tahu kepada kita,

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Siapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu. Siapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan  ilmu. Siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Maka ilmu mengenai rezeki itu mutlak diperlukan agar membawa kebaikan, keberkahan dan kemanfaatan. Tidak sebatas hanya banyak berlimpah melainkan HALAL harus terjaga.

Baca :  Gadis remaja dan dua ekor kucing

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...