PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

PENCIPTAAN

Share:

" Koen jangan asal ngomong Cak Jazz!"
Cak  Ton ber intonasi cukup tinggi tatkala Cak Jazz menyampaikan sesuatu kepadanya.

Cak Juk  keberadaan tidak jauh penasaran terhadap kedua sahabat ya ," ada apa ini"?

"Iki CakJazz asal ngomong, koen manungsa iku diciptane  Gusti Allah kanggo Bahagia."

"Bukan kata saya Cak, itu kata guru ku"
CakJazz menyela.

"Mau kata siapapun juga tidak ada teoei seperti itu.? Bukankah ayatnya sudah jelas, Allah menciptakan manusia dan jin untuk beribadah. ! Untuk beribadah bukan untuk bahagia.'

"Udah-udah daripada kita membahas diluar kemampuan kita, Yukk kita silahturahmi kepada Kong Haji yang benar-benar menguasai ilmu dan bidangnya. Biar clear dan jelas semuanya. CakJuk berusaha menjadi penengah.


Akhirnya mereka bertiga selepas sholat dhuhur menuju rumah kong Haji dan menceritakan duduk permasalahannya.

"Kong Haji mau tanya sama kamu, CakTon. Misal kamu lihat anak kecil dijalan, hendak berangkat ke sekolah, kemudian kamu tanya kenapa dia ke sekolah? Terus dia bilang mau belajar dikelas sama pak guru. Menurut kamu jawaban anak itu benar kagak?'"


"Ya bener, Kong. Sekolah emang tempat belajar."

" Nah sekarang giliran kamu, CakJazz.  Kalau ada anak lain sama juga berangkat kesekolah terus kamu tanya pertanyaan yang sama. Terus dia bilang karena mau jadi anak pintar. Kira-kira benar atau salah jawaban anak itu?"

"Bener lah Kong. Di mana-mana orang sekolah biar pinter."

Jadi dari contoh sederhana jawaban anak itu semuanya benar ? Hanya bedanya yang pertama bicara mengenai proses dan yang kedua berbicara mengenai hasil. Orang berangkat sekolah memang mau belajar kemudian karena rajin belajar menjadikan anak itu pinter. Jadi kagak salah kalau dia ngomong berangkat sekolah biar pintar."

CakJazz dan Cak Ton akhirnya bertatapan muka kemudian saling menganguk-angguk pelan. Entah sudah paham atau berusaha mencerna apa yang barusan kong Haji ucapkan. Kemidian kong Haji melanjutkan.

Kita kembali sama apa yang diucapkan Cak Juk! Manusia diciptakan Allah untuk beribadah. Emang benar jawaban begini. Ada dalam surat Adz-Dzariyat ayat 56.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku."

Ibadah merupakan sebuah proses, tatkala proses sudah dilalui dan dijalankan sesuai syariat, apa hasilnya ? Tidak lain dan tidak bukan, yaitu kebahagiaan! Islam itu diturunkan bertujuan untuk rahmatan lil alamin. Al-Quran menjadi pedoman /acuan agar kita bahagia. Jadi tidak salah kalau dibilanh manusia diciptakan Allah untuk berbahagia."

Cak Jazz dan Cak Ton mulai mengerti dan paham apa yang di bilang sama Kong Haji. Cak Juk pun bisa merasa menang, namun ia berterima kasih karena dapat ilmu baru pada hari itu.

Kong Haji pun menutup penjelasannya dengan membacakan ayat lain, yaitu An-Nahl ayat 97.

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang berbahagia."

Sejatinya keberadaan kita didunia ini untuk memperoleh kebahagian. Karena Allah tidak membutuhkan ibadah-ibadah hamba-Nya. Allah maha besar lagi Maha Mulia. Sesunguhnya setiap ibadah yang dikerjakan oleh manusia manfaat nya akan kembali  kepada mereka lagi, berupa kebahagian.





No comments

Featured Post

Memanusiakan Manusia

Di Mekkah, ada ajaran kemanusiaan yang hebat. Persamaan dan kesetaraan sebagai manusia benar-benar nyata terlihat.  Ketika warna kulit, jeni...