PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

PERLU EKSTRAKSI DIRI

Share:


Untuk beberapa hari jika hendak pulang ke bandung melalui jalur NON TOL, karena beberapa hari yang lalu terkena musibah ban meletus sehingga untuk sementara belum ada cadangan dan meminimalisir kemungkinan akhirnya melalui jalur Bekasi-Cikarang-Karawang-Purwakarta-Bandung.

Entah kenapa jika melalui jalur ini, tatkala melewati kota karawang pasti bawaannya ingin mencari kopi. barangkali badan sudah mulai kecapekan setelah setengah perjalanan. akhirnya @Nebengers melihat sebuah kedai kopi merk baru. konsepnya hampir mirip dengan kedai-kedai kekinian yang harganya ekonomis, namun tidak menghilangkan dari segi rasa, bisa dibilang setara dengan apa yang kita peroleh di cafe.

akhirnya saya dan @nebengers pun singgah sejenak, untuk melapas lelah dan memesan beberapa gelas kopi yang dicampur susu dan krimer. sesuai dengan perkiraan saya harganya ekonomis dan terjangkau untuk kita yang suka hangout, tatkala diseruput cita rasa kopi layaknya dicafe tidak ada! :D

Beberapa @Nebengers sepertinya begitu menikmati secangkir kopi yang berada didepan mereka. Namun tidak bagi saya yang memang sengaja mencari rasa kopi yang mantap.

Jika dari cerita seorang pembuat kopi (barista) yang pernah saya jumpai, keberhasilan segelas kopi itu diperoleh ketika ekstraknya sukses dikeluarkan. ekstrak tersebut dinamakan crema dan prosesnya disebut ekstraksi .

Dalam membuat kopi yang memiliki cita rasa tinggi itu tidak mudah, pertama biji kopi yang keras harus digiling sampai halus, dan segera setelah proses menggiling harus langsung dimasukan dalam mesin espresso baik yang otomatis ataupun manual.

Di mesin ini kopi itu akan mendapat tekanan yang tinggi, kemudian dialiri engan air panas sesuai dengan takaran tertentu. maka hasilnya adalah segelas kopi yang mengandung crema dengan cita rasa tinggi.

perhatikan untuk mendapatkan sebuah kopi yang bercita rasa tinggi melalui berbagai proses yang menyakitkan untuk bisa berhasil. begitu pun dengan perjalanan hidup manusia, bilamana dalam hidup terdapat aneka musibah yang menimpa, anggap itu merupakan proses hati kita yang telah mati / keras sedang dihaluskan.

Tatkala mendapatkan tekanan yang begitu tinggi, lengkap dengan situasi yang panas, itu pertanda Allah ingin mengeluarkan ekstrak terbaik dari dalam diri kita. sebagaimana diriwayatkan Al-Imam Bukhari,

من يرد الله به خيرا يصب منه

“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan, maka Allah akan memberinya musibah."

Barangkali bila terdapat musibah yang menimpa itu bagian dari proses exktrasi Allah atas diri kita. maka yang perlu kita lakukan adalah dengan sabar, serta nikmati proses supaya crema terbaik akan keluar dari diri ini.


Note:
Crema adalah cairan berwarna kuning tua yang muncul pertama kali saat ekstraksi kopi. Krema biasanya mengambang seperti buih, dalam secangkir kopi, terutama yang disajikan dengan cara manual brew cupping, atau lebih dikenal tubruk.

Baca : karawang penuh kenangan

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...