PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

HIJRAH ITU...

Share:

hijrah itu...berani meninggalkan lingkungan dan teman yang buruk kepada lingkungan dan teman yang baik.


Hijrah itu...merubah mindset bahwa tuhan itu bisa apa saja yang ditakuti, diikuti, diharapkan dan dicintai sama atau melebihi Allah. Dan itu adalah syirik yang perlu ditinggalkan.


Hijrah itu...mulai ikut pengajian (liqo'). Kaidahnya...setiap muslim harus punya beberapa guru agama (murobbi) sebagai coachnya ke arah kebaikan.


Hijrah itu...tak lagi melakukan kebiasaan lama jahiliyah, berganti dengan kebiasaan baru yang Islami.


Hijrah itu...mau menjadi pembela Islam dari para penghinanya dan tidak lagi bersikap "netral."


Hijrah itu....berpindah dari keegoisan memikirkan kepentingan pribadi menjadi kepedulian membantu umat.


Hijrah itu...memakai jilbab dari yang tadinya "telanjang."


Hijrah itu...membaca doa di setiap aktivitas harian. Mulai bangun pagi sampai tidur lagi di malam harinya.


Hijrah itu....mulai sholat wajib tepat waktu. Takut meninggalkan sholat wajib. Syukur-syukur melengkapinya dengan ibadah-ibadah sunnah, seperti tahajud, dhuha, baca Qur'an, dan lain-lain.


Hijrah itu....banting stir meninggalkan transaksi riba menuju transaksi halal wat thoyyibah.


Hijrah itu....berani meninggalkan profesi dan penghasilan haram atau korup menuju kepada pekerjaan yang diridhoi Allah subhanallahuwata'ala.


Hijrah itu...segera menikah setelah sekian lama kekeh menjomblo. Berani menikah tanpa pacaran, tanpa menunggu mapan terlebih dahulu. 


Hijrah itu... berani memutuskan pacar atau ajak dia nikah segera. Berlama-lama pacaran berarti berlama-lama menikmati dosa.


Hijrah itu...kembali mencintai pasangan dan anak-anak serta menjadikan mereka sebagai mutiara kehidupan, dengan penuh tanggung jawab. Tinggalkan perselingkuhan.


Hijrah itu...mencopot dekor rumah yang ada patung atau lukisan hidup, serta tidak memelihara anjing agar rumah dapat dimasuki malaikat Rahmat.


Hijrah itu....mulai berdakwah dan berani menjadi murobbi, dari yang tadinya minder mengajak orang lain ke arah Islam dan pengajian.


Hijrah itu...mulai peduli dengan nasib umat dan kemanusiaan serta tidak buta politik. Mulai berani memimpin dan memilih pemimpin yang membela Islam dan umatnya.


Hijrah itu....berpikir, berperasaan dan berbuat yang Islami, serta selalu menjaga ketiga dimensi tersebut dari godaan syetan yang terkutuk. Marah dan bencinya sesuai ajaran agama.


Hijrah itu...berani membuang rasa dendam dan sakit hati menuju fokus melakukan kebaikan dengan ikhlas dan tawadhu'.


Hijrah itu...bersaing dengan diri sendiri untuk semakin baik dari hari ke hari menuju hamba yang diridhoi Allah 'azza wa jalla.


Hijrah itu sekarang!

Jangan ditunda dan jangan dianggap sepele. Dengan melakukan taubatan nasuha karena kematian semakin dekat sedang jatah umur terus berkurang.


Hijrah itu....bukan hanya sekedar mengucapkan selamat tahun baru hijriyah. Namun memahami mengapa para sahabat nabi menetapkan tahun baru Islam pada saat Nabi saw hijrah dari Mekkah ke Madinah, yaitu agar umat selalu mempunyai semangat hijrah dalam hidupnya.


Semangat untuk menjadi muhajir (orang yang hijrah), orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang Allah. 


"Seorang muslim adalah

orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya, dan seorang muhajir adalah orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah" (HR Bukhari dan Muslim).


Hijrah itu...


Masya Allah...masih banyak lagi yang perlu kami program untuk tahun 1445 H ini agar diri kami lebih baik dari tahun kemaren.


Ya Allah...kuatkanlah kami untuk bisa berubah lebih baik di tahun 1445 H ini!


✒️✒️ Ustadz Satria Hadi Lubis



No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...