PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

GROWTH MINDSET

Share:

GROWTH MINDSET

Seiring berjalannya waktu, dunia akan terus mengalami perubahan. Maka dari itu, kita sebagai manusia dituntut untuk mempunyai pola pikir yang berkembang. Ketika memiliki pola pikir yang hanya diam di tempat saja, risiko mengalami kegagalan dalam meraih kesejahteraan hidup pun akan semakin meningkat. Pola pikir berkembang ini sendiri dikenal dengan growth mindset. 


Growth mindset adalah pola pikir atau keyakinan bahwa kemampuan dasar yang dimiliki dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui dedikasi dan kerja keras. Pola pikir ini bisa membantu kita dalam mencapai tujuan jangka panjang. 


Berikut ini sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk mengembangkan growth mindset: 


1. Akui Ketidaksempurnaan Yang Dimiliki 


Setiap orang memiliki kelemahan, kekurangan, dan keanehan yang membuat mereka jadi tak sempurna sebagai manusia. Cobalah untuk mengakui ketidaksempurnaan tersebut dan cintai diri sendiri sebagaimana mestinya. Anggap ketidaksempurnaan yang ada sebagai keunikan. 


2. Hadapi Tantangan Dengan Berani 


Ketika berhadapan dengan situasi yang membuat ketakutan, berhentilah sejenak dan ubah pikiran kita terhadap keadaan tersebut. Untuk mengubahnya, anggap tantangan yang ada pada depan mata sebagai peluang untuk meraih kesejahteraan. 

contohnya saat kita diberi tantangan untuk membuat artikel, zoom meeting ataupun IG live oleh Founder dan Mentor, lakukan saja. Karena dari sini lah peluang kita menuju kesuksesan terbuka lebar


3. Perhatikan pikiran dan ucapan 


Mulailah memperhatikan pikiran yang ada di dalam diri kita. Perhatikan juga perkataan yang keluar dari mulut, seperti yang kita ketahui ucapan adalah doa. Jika kita yakin berhasil dalam menyelesaikan masalah, bisa jadi hasilnya sesuai dengan apa yang dipikirkan. 


4. Terima Kritikan Dengan Terbuka 


Ketika mengalami kegagalan dalam meraih tujuan, jangan ragu untuk melempar kritik terhadap diri sendiri. Tujuan dari kritik ini bukan membuat diri kita semakin terlihat lemah, namun untuk membuat semuanya menjadi lebih baik lagi. Terima juga kritik dari orang lain yang bersifat membangun. Bersikap terbuka terhadap kritikan membantu mempermudah kita untuk memiliki pola pikir yang berkembang. 


5. Menghargai Proses 


Banyak orang yang melihat sesuatu hanya dari hasil akhirnya saja. Harusnya kita bisa lebih fokus pada pengembangan diri demi mencapai kesuksesan, karena dari proses tersebut akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Meskipun harus menghadapi kegagalan, namun kita akan tetap menikmatinya karena tahu bahwa hal itu adalah bagian dari proses menuju puncak. Sukses tidak ada yang instan, perlu pengorbanan dan juga proses yang panjang. 


6. Belajar Dari Orang Lain 


Belajar bisa dari mana saja, salah satunya lewat kesalahan orang lain. Belajar dari pengalaman orang lain dapat menurunkan risiko jika kita berada diposisi yang sama, sehingga tidak melakukan kesalahan serupa. Hal ini juga membantu menenangkan rasa takut dalam kepala saat hendak mencoba hal-hal baru.


No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...