PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

HIKMAH SURAH AL KAHFI

Share:
Dalam surah Al Kahfi terdapat 4 kisah yang mangandung 4 hikmah dahsyat yang bisa kita petik :

  • Cobaan Keimanan (Kisah Ashabul Kahfi)

Dimulai dari ayat 9-26 ( Yukkk buka Qur'an kita)

Allah memberikan pertolongan (melindungi dan mejaga mereka melalui gua dan sinar matahari) kepada Asbabul Kahfi karena keimanannya dan sahabat perjuangan yang shalih yang tak gentar menegakkan kalimat-Nya pada kaumnya walaupun banyak cobaan fitnah yang menghadang.

  • Cobaan Kekayaan (Pemilik dua kebun)
Dimulai dari ayat 32-44 ( Yukkk buka Qur'an kita)

Kisah tentang seseorang yang Allah karuniakan kebun yang lalai akan nikmat. Ia tanggalkan prinsip-rinsip keimanan dengan celaan dan keraguan. Ujung dari kekufuran dan kesyirikannya tersebut, hancurlah tanaman dan buah-buahan di kebunnya. Ia diliputi penyesalan mendalam saat tak berguna penyesalannya tersebut.

  • Cobaan Pengetahuan (Kisah Nabi Musa dan Khidzir)
Diawali dari ayat 60 sampai 82. ( Yukkk buka Qur'an kita)

Ini berbicara tentang fitnah ilmu. Yakni saat Musa mengaku bahwa ia merupaka orang ter-alim. Kemudian Allah mengabarkan kepadanya, di sana ada manusia yang lebih ‘alim dari dirinya. Kemudian Musa belajar dengan Khidzir, dan Allah menyadarkan Musa penyakit orang yang berilmu, terlalu bangga dengan ilmunya dan merasa paling 'alim sedunia.

  • Cobaan Kekuasaan (Kisah Dzulqornain)
Dimulai dari ayat ke 83 sampai 101. ( Yukkk buka Qur'an kita)

Kisah yang berbicara tentang raja mulia yang menguasai ilmu dan kekuatan.Yang memiliki kemampuan dalam membendung kejahatan Ya’juj dan Ma’juj dan kemampuan berkomunikasi dan mengorganisasikan kekuatan kaum yang tidak dipahami oleh perkataan manusia
Wallahualam bishawab

No comments

Featured Post

Memanusiakan Manusia

Di Mekkah, ada ajaran kemanusiaan yang hebat. Persamaan dan kesetaraan sebagai manusia benar-benar nyata terlihat.  Ketika warna kulit, jeni...