PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

HONK MORE WAIT MORE

Share:


Mumbai adalah salah satu kota di India yang terkenal dengan tingkat kebisingan jalannya. Para pengemudi kendaraan di sini senang sekali membunyikan klakson meski lampu lalu lintas masih menyala merah.

Polisi Mumbai berkomentar tentang fenomena ini, "Mereka berpikir kalau klakson dibunyikan akan mempercepat lampu segera hijau kembali!"

Sebenarnya semua orang tahu, membunyikan klakson tidak menyelesaikan masalah. Justru hanya menambah masalah baru, yaitu kebisingan. Namun orang-orang tetap saja melakukannya karena tidak sabar. Akibatnya, semakin bising hanya membuat semakin kacau suasana.

Kepolisian Mumbai lantas memasang alat yang mendeteksi kebisingan di sebuah lampu lalu lintas. Jika banyak klakson berbunyi, lampu itu akan menambah durasi untuk terus menyala merah. Kemudian sebuah papan informasi mengeluarkan peringatan, "Honk More Wait More." Semakin berisik, semakin lama menunggu.

Alat detektor itu ampuh juga rupanya. Kini para pengemudi bisa menahan diri untuk membunyikan klakson, karena hanya itu satu-satunya cara agar lampu bisa menyala hijau. Mereka sekarang dengan tenang bisa menikmati menunggu lampu merah.

Pesan dari kisah di atas cukup jelas. Setiap masalah sebenarnya cukup kita hadapi saja, tanpa perlu banyak komentar dan bising. Terkadang masalah yang sebenarnya biasa-biasa saja itu menjadi besar justru karena kita yang terlalu banyak bicara dan berkeluh kesah.

Pada suatu malam listrik mati total di seluruh lingkungan kami. Saudara tentu tahu apa yang terjadi jika listrik mati di Jakarta yang panas? Tak ada kipas, tak ada AC, dan kami akan tidur dalam keadaan gerah dan pengap.

Semua anggota keluarga saling sahut menyahut, "Bagaimana kita bisa tidur malam ini? Bagaimana kalau listrik mati sampai pagi? Astaga, kita pasti tidur bermandikan keringat!"

Saya lantas menggelar karpet di ruang tamu sebagai satu-satunya ruang yang cukup lega di rumah, meletakkan beberapa bantal dan mulai memasang posisi tidur di sana. Lambat laun mereka kemudian mengikuti, dan jadilah kami satu keluarga tidur di ruang tamu!

Meski tanpa listrik, nyatanya kita semua tertidur dengan pulas! Benar saja, semakin banyak bicara dan keluh kesah akan semakin besar masalah. Honk more wait more.

Al-Quran telah memperingatkan sifat manusia yang seperti ini dalam Surat Al-Ma'arij ayat 20,

إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا

"Apabila ditimpa kesusahan, ia berkeluh kesah."

Jadi, saat sesuatu memang harus kita hadapi, ya sudah cukup jalani saja. Percayalah semua tidak seberat yang kita bayangkan saat sudah dikerjakan.

Salam Hijrah.
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...