PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

MURID BERTANYA PADA GURUNYA

Share:

"Guru, saya tahu bahwa Alloh menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna karena hanya manusia yang dikaruniai nafsu, akal dan hati dalam satu tubuh. Yang ingin saya tanyakan, kesempurnaan apalagi yang ada pada manusia?"

Sang guru menjawab, "Muridku, Lihatlah dirimu. Bukankah Alloh meletakkan otak lebih tinggi daripada mata? Itu berarti engkau harus lebih banyak berpikir daripada melihat. Berapa banyak ayat yang difirmankan Alloh yang menyebutkan bahwa mengapa manusia tidak berpikir, atau menyebutkan bahwa kebesaran Alloh hanya dipahami oleh orang yang berakal.

Lihatlah dirimu, mata lebih tinggi daripada telinga. Itu berarti engkau harus lebih banyak melihat daripada mendengar. Bukankah banyak ayat yang difirmankan Alloh bahwa banyak manusia yang tidak melihat kebesaran Alloh.

Atau lihatlah langit apakah engkau melihat ada yang retak?

Lihatlah dirimu. Mulutmu terletak lebih rendah daripada telinga. Itu berarti engkau harus lebih sedikit berbicara, lebih banyak mendengar. Karena mulut sebagai sumber penyakit, baik fisik maupun hati.

Lebih baik engkau mendengar nasehat orang atau mendengar lantunan ayat suci. Atau gunakanlah mulutmu untuk mengingat Alloh, atau membaca ayat suci, atau untuk saling menasehati.

Itulah sebabnya mengapa kepala berada di posisi paling tinggi dan nafsu berada di posisi paling rendah. Di antaranya ada hati yang bolak-balik antara keburukan dan ketakwaan. Maka gunakanlah hatimu untuk memahami ayat-ayat Alloh jika engkau ingin menjadi hambaNya yang bertakwa. Maka manakah yang akan engkau pilih, berjalan tegak dengan kepala di atas, dengan banyak menggunakan akalmu ataukah berjalan dengan kepala sejajar dengan nafsumu, seperti binatang ternak, karena engkau mengutamakan nafsumu daripada akalmu?"

Maka sang murid pun menunduk dan menyadari bahwa selama ini tak pernah terpikirkan olehnya mengapa kepalanya berada di posisi paling tinggi sedangkan nafsunya berada di posisi paling rendah.

Semoga kita senantiasa dijaga oleh Alloh dalam setiap langkah dan diberikan saudara dan sahabat yg baik baik

Semoga setiap langkah kita selalu dibimbing oleh Alloh hingga bahagia dunia akherat itu nyata buat kita

Semoga kita bisa terus mensyukuri nikmat dan diberi kekuatan Alloh Ta'ala utk menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

Robbana Taqobbal Minna
Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin

Sumber: www.sejenakpagi.info

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...