PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

Silaturahmi Malah Terputus, Gara-Gara Pinjam Seratus.

Share:

 



Silaturahmi Malah Terputus, Gara-Gara Pinjam Seratus.

Sekarang ini sedang ramai kalimat “Agar Silaturahmi Tidak Terputus, Pinjam Dulu Seratus.” Padahal kenyataannya, banyak orang terputus silaturahmi cuma gara-gara pinjam seratus. Iya kan ?


Q: Lalu bagaimana cara agar kita tidak mudah berhutang ?


A: Kuncinya sebenarnya mudah. Coba mulai atur pengeluaran sesuai dengan kantong kita. Jangan menghabiskan uang untuk keperluan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Apalagi sampai berhutang demi kebutuhan flexing.


Q: Bagaimana kalau sudah terlanjur berhutang karena kebutuhan darurat ?


A: Segera percepat pembayaran dan usahakan jangan telat. Karena ada hak orang lain di harta kita.


Q: Apa ancaman jika ada seseorang sengaja tidak mau bayar hutang ?


A: Dari Shuhaib Al-Khoir, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah)


Q: Bagaimana jika mengalami kendala sehingga susah bayar hutang ?


A: Usahakan hutang tetap dicicil dengan nominal semampunya. Bisa dimusyawarahkan dengan orang yang kita hutangi agar tidak terjadi masalah kedepannya. Dan jangan pernah kabur.


Q: Bagaimana jika ada yang pinjam uang ke kita tapi dia tidak mau bayar ?


A: Ingatkan terus dengan cara yang baik. Dan usahakan jika terjadi akad hutang piutang selalu minta jaminan yang jika terjadi hal seperti ini barang jaminan bisa dijual untuk membayar hutangnya.


Q: Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari masalah hutang piutang ?


A: Sebisa mungkin hindari berhutang. Apalagi untuk kebutuhan yang bersifat tidak urgent. Belilah barang sesuai dengan isi dompet kita saja. Atur keuangan dengan benar dan hidup tenang tanpa hutang.



______

https://t.me/moeslemdays

No comments

Featured Post

Memanusiakan Manusia

Di Mekkah, ada ajaran kemanusiaan yang hebat. Persamaan dan kesetaraan sebagai manusia benar-benar nyata terlihat.  Ketika warna kulit, jeni...