PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

HACHIKO

Share:

Ashabul Kahfi adalah kisah 7 pemuda yang tertidur lelap di dalam gua selama 309 tahun, Kisah ini terjadi sebelum zaman nabi Muhammad SAW. Para pemuda bersembunyi di dalam gua untuk melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus. Kisah ini bersumber dari Al Qur'an dalam Surah Al Kahfi

Dimana dalam surat ini terdapat keteladanan dari seekor anjing yang selalu setia mengikuti pemuda sebagai tuannya.

Kenapa harus anjing ? Apakah tidak ada hewan lain ? Bagaimana kedudukan anjing sendiri ?  Jika dilihat dari kedudukan maka kita seharusnya malu bilamana  dibandingkan dengan seekor anjing.

Saya secara pribadi tatkala membaca kisah hachiko sangat malu. Mengisahkan tentang seekor anjing di jepang yang setiap sore pergi ke stasiun shibuya untuk menjemput majikannya pulang kantor. Saat majikannya turun dari kereta, hachiko menyambutnya lalu mereka berjalan berdua sampai rumah.

Tahun 1925 majikannya wafat, tetapi rupanya hachiko tidak tau apa itu wafat. Setiap sore hachiko tetap pergi ke stasiun untuk menjemput majikannya. Padahal majikan yang dia tunggu tidak pernah datang. Tapi sore keesokan harinya hachiko tetap menjemput lagi. Terus begitu sampai hachiko juga wafat tahun 1935.

Bisa dibayangkan ini bukan perkara  semingu dua minggu atau sebulan dua bulan melainkan sepuluh tahun! Jika seekor anjing mampu sabar dan setia terhadap tuan nya.

Maka seharusnya kita sebagai manusia lebih berhak untuk sabar dan setia dalam menjemput pertolongan Allah. Manusia diberikan akal dan pikiran sedangkan hewan tidak. Jika kita dalam keadaan terpuruk biasanya kita kembali kepada sang Maha Pencipta untuk bersemangat mengerjakan segala bentuk amal ibadah tahajud, sedekah atau bahkan sangat khusu dalam berdoa.

Tapi berapa lama kita mampu bertahan ? Apalagi menganggap pertolongan Allah tidak kunjung datang juga, maka luntur pula rasa sabar dan setianya kepada Allah. Bisa jadi tahajud pun berhenti, sedekah pun tidak berlanjut dan doa pun tidak pernah dipanjatkan.

Saudaraku jangan pernah berhenti dalam mengharap ridho dari Allah, apalagi Allah telah berjanji akan mengabulkan setiap orang yang berdoa kepadaNya dan Allah Maha Menepati Janji.

"Jangan kalah dengan Hachiko"

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...