PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

Silahturahhim.

Share:
Setelah ramadhan berakhir, pasti jadwal silahturahim sangat padat..
Mumpung masih liburan beberapa hari lagi dapat dimaksimal untuk acara berkunjungnya.

Yaa agar tali persaudaraan yang lama renggang dapat  tercipta bersatu kembali.
Dalam islampun mengenai tata cara beradab tamupun diatur tidak hanya mengenai tata cara sholat saja.

Berkunjung merupakan salah satu cara untuk menyambung tali persaudaraan, persahabatan yang sangat dianjurkan dalam islam, dan tatakrama dalam bertamu harus tetap dijaga supaya tujuan bertamu tetap tercapai 😊

Islam mengatur dalam bertamu, yaitu jangan bertamu pada 3 WAKTU AURAT. Kurang lebih maksud dari waktu aurat ialah:

1. Bada dhuhur
2. Bada isya
3. sebelum subuh

Allah SWT berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya’. (Itulah) tiga ‘aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

(QS An Nur : 58)

Karena pada waktu-waktu tersebut biasanya digunakan untuk beristirahat, dan biasanya seseorang yang beristirahat akan mengenakan pakaian yang tipis sederhana (karena panas misalnya) sehingga sebagian aurat akan terbuka.

Jika dalam islam seorang anak diajarkan untuk meminta izin bila akan memasuki kamar ayah dan ibunya, apalagi orang lain yang hendak bertamu.

Jadi seyogyanya kita hendak bertamu sebaiknya menghindari waktu-waktu tersebut. Jangan sampai tuan rumah harus berpakaian rapi kembali setelah akan hendak beristirahat karena kedatangan kita.

Barangkali saat moment dan suasana lebaran seperti ini masih dimaklumi yaa.. namun lain hari harus diperhatikan mengenai adabnya.
😊😉

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...