PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

Ramadhan dan Al-Quran part 4

Share:









Arti sesungguhnya sebuah perpisahan!

Coba perhatikan foto diatas, apakah ini sholat jumat? tentu bukan karena jika diperhatikan secara seksama dilaksanakan pada malam hari. sudah pasti ini merupakan sholat tarawih, pasti ini foto waktu sholat tarawih pada malam pertama? pantas saja rame sekali.

ehm! kalo hendak tahu, sebenarnya ini merupakan suasana shalat tarawih pada 1/3 ramadhan akhir. Lantas kenapa mereka mengerjakan tidak dalam masjid, malahan diajalanan dan tanah lapang? Berdasarkan informasi guru saya, bahwasanya sholat tersebut dikerjakan dimasjid namun jama'ah meluber dan masjid tidak mampu menampung.. MasyaAllah! Allahu Akbar!

Foto itu adalah saudara kita kaum muslimin yang berada di sebuah kota kecil di tarim di negeri yaman, yang sedang melaksanakan shalat tarawih pada malam ke-21.

Dan beliaupun benar-benar merasakan suasana pada malam 1/3 ramadhan akhir disana, memang demikian adanya. Tatkala berada pada penghujung bulan ramadhan, malahan power mereka justru semakin meledak-ledak untuk beribadah.

siapapun yang memahami akan kepergian tamu yang istimewa nan mulia, niscaya ia justru akan menemukan sebuah arti ramadhan yang sesungguhnya. Bisa jadi mereka adalah orang-orang yang mendengarkan sebaik-baiknya nasihat sahabat abu bakar.
"Carilah kematian niscaya engkau akan menemukan kehidupan"

Begitulah nasihat dari sahabat abu bakar, yang hendak memaknai dan memahami arti sebuah kehidupan, hendaknya ia melihat saudaranya yang sedang di ambang sakaratul maut, Niscaya akan kembali bergairah dan mensyukuri nikmat hidupnya.

barangkali nasihat ini dapat kita implementasikan menjelang akhir ramadhan, supaya kita menemukan gairah dan rasa syukur atas dipertemukannya dengan ramadhan tahun ini. tatkala kita tengok kebelakang ada beberapa saudara, teman ataupun orang tua kita yang tidak bertemu dengan ramadhan tahun ini. padahal kita sudah mempersiapkan untuk mereka.

Maka hendaklah kita menyadari, merasakan dan melihat seolah-olah kita berada diambang perpisahan dengan ramadhan mulia.

Semangat! rasakan dahsyatnya kekuatan nya yang begitu meledak-ledak ini!


No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...