PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

RIBA yang PALING RIBA

Share:
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

الرِّبَا اثنان وسبعون بابًا، أدناها مثل إتيان الرجل أمَّه، وإن أرْبَى الربا استطالة الرجل في عرض أخيه

“Riba memiliki tujuh puluh dua pintu. Yang paling rendah seperti menzinahi ibu kandungnya. Dan sesungguhnya riba yang paling riba adalah merusak kehormatan saudaranya”.

(HR Ath Thabrani. Lihat silsilah shahihah no 1871).

saudaraku.
Pada saat suasana lebaran tidak jarang diantara kita hadir atau mendatangi saudaranya untuk saling memaafkan dan bercerita. Namun tanpa disadari karena keasyikan mengobrol lama kelamaan jadi membicarakan aib atau kejelekan saudara nya sendiri.

Alangkah baiknya tatkala berkumpul kita selalu ber khusnudzon terhadap saudara. Ketahuilah banyak menceritakan aib saudara atau orang lain merupakan musibah yang menimpa agama seseorang. Karena dengan menggunjing orang akan merusak amal, bahkan mencukur agamanya.

Kebiasaan tersebut lama kelamaan akan merusak hubungan sesama muslim, Maka tatkala menggosip sudah menjadi sebuah acara berhati-hatilah.

DERAJAT YANG PALING BAIK DARI PUASA,SHALAT dan SEDEKAH

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلاَةِ وَالصَّدَقَةِ؟ قَالُوا : بَلَى، قَالَ : صَلاَحُ ذَاتِ الْبَيْنِ فَإِنَّ فَسَادَ ذَاتِ الْبَيْنِ هِيَ الْحَالِقَةُ

“Maukah aku kabarkan kepada kalian yang lebih baik daripada derajat puasa, sholat, dan sedekah?”. Mereka berkata, “Tentu”. Baiknya hubungan di antara sesama, karena rusaknya hubungan di antara sesama mengikis habis (agama)”.

(HR. At-Tirmidzi no 2509, dan dishahihkan At-Tirmidzi, dan ada tambahannya).

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...