PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

social distancing measures

Share:
Sahabat, penyebaran wabah virus corona COVID-19 saat ini semakin tinggi. hingga hari Sabtu (14/3/2020) sudah ada lebih dari 145 ribu kasus virus corona terkonfirmasi di dunia. (John Hopkins University, Center for Systems Science and Engineering)

Hal ini mengakibatkan beberapa negara memutuskan untuk lockdown. Kegiatan di tempat umum seperti sekolah, universitas, hingga objek wisata sementara ditutup.

Salah satu cara yang dianggap dapat mencegah penyebaran virus corona saat ini adalah social distancing measures (menjaga jarak sosial). Social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengeluarkan himbauan bagi kita agar menjaga jarak antar manusia agar mencegah penularan virus Corona/COVID19.

Sebagai seorang muslim apa saja yang bisa kita lakukan ketika masa social distancing ini? Kita bisa melakukan banyak hal produktif meski di rumah dan bisa sekaligus meningkatkan kedekatan kepada Allah SWT dengan melakukan hal - hal berikut:

1. Perbanyak sholat sunah
Ada 5 shalat sunah yang bisa dirutinkan yakni, Shalat Rawatib, Tahajud, Witir, Dhuha, dan Isyroq.

2. Perbanyak Tilawah Quran
"Bacalah Al Qur'an karena Al Qur'an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi' (pemberi syafa'at) bagi yang membacanya." (HR.Muslim)

3. Menghafal Quran
"Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur'an nanti: 'Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal)." (HR. Abu Daud)

4. Shaum Sunah
Sebentar lagi Ramadhan. Dan salah satu kebiasaan Rasulullah menjelang Ramadhan adalah memperbanyak shaum terutama di bulan sya'ban. Dan bagi yang punya utang shaum, inilah saatnya membayar qodo.

5. Bersedekah
Rasulullah Shallahu 'alaihi Wassallam bersabda: "Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah." (HR. Imam Baihaqi).


No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...