PROPERTY SOLO

PROPERTY SOLO

TUJUAN PUASA

Share:


Allah ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Jelas bahwa tujuan puasa adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa. Dan takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya dan menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin mendefinisikan takwa:

اتخاذ وقاية من عذاب الله بفعل أوامره واجتناب نواهيه

"Menjaga diri dari adzab Allah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya" (Syarh Al Aqidah Al Washitiyyah).

Maka tujuan puasa adalah agar kita menjadi orang yang lebih taat kepada Allah dan Rasul-Nya, lebih serius menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Al Baghawi mengatakan:

الصوم وصلة إلى التقوى لما فيه من قهر النفس وكسر الشهوات

"Karena puasa adalah wasilah menuju taqwa. Sebab puasa dapat menundukkan nafsu dan mengalahkan syahwat" (Ma’alim At Tanziil, 1/196).

Dalam Tafsir Al Jalalain dijelaskan:

لعلكم تتقون المعاصي فإنه يكسر الشهوة التي هي مبدؤها

“Maksudnya, agar kalian bertaqwa dari maksiat. Sebab puasa dapat mengalahkan syahwat yang merupakan sumber maksiat” (Tafsir Al Jalalain, 189).

Yaitu ketika kita terlatih selama 30 hari bisa menahan diri dari perkara yang mubah (makan, minum, hubungan intim). Maka diharapkan setelah itu, kita mampu menahan diri dari perkara yang haram.

Sehingga orang yang berpuasa, semestinya selesai berpuasa ia menjadi orang yang:
* meninggalkan syirik
* meninggalkan bid'ah
* lebih rajin shalat
* mendirikan shalat jama'ah di masjid 5 waktu (setelah wabah berakhir)
* menutup aurat
* berhijab syar'i bagi wanita, meninggalkan jilbab kecil dan pakaian ketat
* meninggalkan riba
* meninggalkan dusta, ghibah, kata-kata kotor
* meninggalkan musik dan joget-joget
* meninggalkan rokok
* rajin belajar agama

Jika setelah puasa tidak ada perubahan apa-apa, maka kita khawatirkan puasa kita tidak manfaat. Sa'id bin Jubair rahimahullah mengatakan:

إن من ثواب الحسنة الحسنة بعدها

"Diantara ganjaran bagi suatu amalan kebaikan adalah bisa melakukan amalan kebaikan lain setelahnya" (dinukil dari Majmu' Al Fatawa, 4/10).

Jika setelah amalan puasa Ramadhan selesai, ternyata kita tidak bisa melakukan ketaatan-ketaatan di atas, kita khawatir amalan puasa kita tidak dianggap sebagai amalan kebaikan oleh Allah ta'ala.

Semoga Allah ta'ala menerima amalan shalih kita dan menjadikan kita orang-orang yang bertaqwa.



Sumber :📡@fawaid_kangaswad

No comments

Featured Post

HIDUP TIDAK PERNAH BERMASALAH, KITALAH SENDIRI YANG MEMBUATNYA MENJADI MASALAH

  "Hari ini sungguh sial. Jalanan macet, angkot biadab berhenti sembarangan, bos di kantor kurang ajar, mengapa semua orang menjadi bod...